Jumat, 05 April 2013

BLASTULA

Posted by Devi Nur Silvia On 02.49 | No comments

Video perkembangan dari morula ke blastula 


Blastula merupakan bola kumpulan sel (lebih dari sama dengan 32 sel) yang masih diselumuti oleh zona pelucida, namun bola ini membentuk suatu rongga yang dinamakan blastocoel. Pada tahap tersebut, Mammalia membentuk struktur blastocyst, yang ditandai oleh massa sel dalam yang berbeda dari blastula sekitarnya. Selain itu, pada tahap blastula inilah zigot mulai diimplantasikan di dinding uterus sang ibu.


Gambar 1. Pembelahan dan perkembangan zigot
(The, 2011)


Blastulasi diawali dengan terbentuknya suatu rongga yang dinamakan blastocoel di tengah-tengah kumpulan sel padat hasil morulasi. Rongga tersebut dikelilingi oleh sel-sel trofoblast yang tersusun dalam satu lapisan. Sel-sel trofoblast ini nantinya akan berubah menjadi jaringan-jaringan ekstraembrio, seperti plasenta.
Setelah itu, pada salah satu sisi dari trofoblast, akan terjadi suatu penumpukan sel, dan daerah tersebut dinamakan ICM (Inner Cell Mass), yaitu sekumpulan sel bakal embrio. Sel-sel ini semakin lama semakin berkembang hingga akhirnya membentuk embrio. Sekumpulan sel ini membentuk suatu blastula khusus, yang dinamakan blastocyst.
 
Gambar Blastokista
(Sholihah, 2011)

Sel-sel trofoblast bagian luar ICM akan membentuk gelambir-gelambir sel yang dinamakan plasenta, yang berfungsi untuk menghubungkan embrio dengan ibu. Melalui plasenta inilah embrio mendapatkan nutrisi. Selain itu, dengan adanya plasenta, blastula tersebut dapat diimplantasikan di dinding uterus sang ibu, sehingga perkembangan selanjutnya dapat segera terlaksana.


Gambar 2. Pembelahan dan perkembangan zigot
(The, 2011)

Sumber:
 
Sholihah, A. (2011). Embryo Yatim Piatu. [Online]. Tersedia: http://blogs.itb.ac.id/sholihah/2011/11/ [7 April 2013]
The, Jessica. (2011). G. Fertilisasi & Embriogenesis. [Online]. Tersedia: http://jesicatheblog.blogspot.com/2011/01/g-fertilisasi-embriogenesis.html [1 Maret 2013]

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Autumn Falling Leaves

Blogger templates

About