Kamis, 04 April 2013

NEURULASI

Posted by Devi Nur Silvia On 21.04 | No comments
Gambar 1. Notochord Development
(Basic, 2003)
   Neurulasi berasal dari kata neuro yang berarti saraf. Neurulasi adalah proses penempatan jaringan yang akan tumbuh menjadi saraf, jaringan ini berasal dari diferensiasi ectoderm, sehingga disebut ectoderm neural. Sebagai inducer pada proses neurulasi adalah mesodem notochord yang terletak di bawah ectoderm neural. Neurulasi dapat juga diartikan dengan proses awal pembentukan sistem saraf yang melibatkan perubahan sel-sel ektoderm bakal neural, dimulai dengan pembentukan keping neural (neural plate), lipatan neural (neural folds) serta penutupan lipatan ini untuk membentuk neural tube, yang terbenam dalam dinding tubuh dan berdesiferensiasi menjadi otak dan korda spinalis dan berakhir dengan terbentuknya bumbung neural. Diduga bahwa perubahan morfologi yang terjadi selama neurulasi sejalan dengan perubahan kromosom dan pola proteinnya. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan morfologi kromosom dan pola protein.

Gambar 2. Neural Tube
(Canadian, 2010)
  
   Pada hakikatnya neuralasi terbagi menjadi dua jenis beradasarkan bagaimana neural tube terbentuk.
1. Neurulasi primer
Proses ni terjadi pada mamalia dan aves, dimana neural tube terbentuk akibat adanya proses pelekukan atau invaginasi dari lapisan ectoderm neural yang diinisiasi oleh nothocord
Gambar 3. Pembentukan Neural Tube
(Crimi, 2007)
2. Neurulasi sekunder
Proses neurulasi ini terjadi dengan ditandainya pembentukan neural tube tanpa adanya pelipatan ectoderm neural, melainkan pemisahan ectoderm neural dari lapisan ectoderm epidermis, baru kemudian membentuk neural tube. Proses ini terjadi pada ikan.

    Ektoderm adalah lapisan yang paling atas dan akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut.
Gambar 4. Tahapan Perkembangan Neural
(Dana, 2013)
Berdasarkan perkembangannya, proses neurulasi dibagai menjadi bebrapa tahapan. 
1. Pembentukan neural plate
Setelah fase gastrulasi selesai maka berlanjutlah pada fase neurulasi. Pada tahap awal Notochord ( Sumbu primitif embrio dan bakal tempat vertebral column ) menginduksi ektoderm di atasnya. Sel – sel ectoderm berubah menjadi panjang dan tebal daripada sel disekitarnya atau disebut juga dengan poliferasi menjadi lempeng saraf (neural plate). Pembentukan ini terleak pada bagian dorsal embrio tepatnya di daerah kutub animal. 
Gambar 5. Perkembagan Neural Plate
(Dana, 2013)
2. Pembentukan neural fold
Setelah neural plate terbentuk, maka akan diikuti dengan penebalan bagian neural plate itu sendiri. Karena pertumbuhan dan perbanyakan sel ectoderm epidermis lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan ectoedrm neural, mengakibatkan lapisan neural plate menjadi tertekan dan mangalami pelekukan ke bagian dalam (invaginasi) . Bagian Pelekukan inilah yang disebut sebagai neural fold. 

Gambar 6. Pembentukan Neural Fold
(Davidson, 2013)

3. Pembentukan neural groove
Terbentunya neural fold atau lebih sederhananya adalah pematang neural yang merupakan lipatan dari kedua sisi lempeng neural secara bersamaa akan didiringi dengan terbentuknya neural groove, atau parit neural. Yaitu bagian paling dasar dari lipatan ectoderm neural itu sendiri
Gambar 7. Tabung Neural
(Guelph, 2012)

4. Pembentukan neural tube
Karena pertumbuhan ectoderm epidermis lebih cepat, maka akan semakin mendorong lipatan neural yang telah terbentuk, mengakibatkan fusi anatara neural fold bagian kanan serta neural fold pada bagian kiri. Pada akhirnya terbentuk tabung/bumbung saraf (neural tube) dengan lubangnya yang disebut neural canal atau neurocoel.
Gambar 8. Pembentukan Neural Crest
(Inmha, 2004)
Pada perkembngan selanjutnya, neural tube akan menjadi organ beirkut ini.
   a. Otak dan sumsum tulang belakang.
   b. Saraf tepi otak dan tulang belakang.
   c. Bagian persarafan indra seperti mata, hidung dan kulit.
   d. Chromatophore kulit dan alat-alat tubuh yang berpigmen.
Saat awal terbentunya, neural tube akan memiliki dua ujung yang belum menutup, yang dinamakan neurophore. 
   a. Neurophore anterior, yang akan membentuk otak dan bagian-bagiannya.
 b. Neurophore posterior, yang akan membentuk fleksura atau lipatan yang terdapat dalam otak, dan berperan dalam menentukan daerah-daerah otak.
Gambar 9. Proses Menutupnya Bumbung Neural
(Lolie, 2009)

5. Terbentuknya Neural crest 
Pada awal terbentuknya terbentuknya neural tube, bagain dorsal tube yang dekat denagn kutub animal, masih menempel pada sel sel ectoderm epidermis. Pada bagian yang menempel tersebut terdapat sel-sel ectoderm neural yang tidak ikut serta membentuk neural tube, sel inilah yang dimaksud dengan neural crest. Saat pembentukan tabung saraf (neural tube), sel-sel neural crest akan terpisah dan akan bermigrasi jauh dari ectoderm neural. Neural crest akan menjadi lokasi yang dituju kemudian berdiferensiasi menjadi sel-sel ganglia spinalis dan otot otonom,dan sebagainya. Mesensim yang berasal dari neural crest disebut ektomesensim.
Gambar 10. Bumbung Neural
(Losney, 2008)

  Selama minggu kelima, tingkat pertumbuhan yang berbeda menimbulkan banyak lekukan pada tabung neural, sehingga dihasilkan tiga daerah otak : otak depan, otak tengah dan otak belakang. Otak depan berkembang menjadi mata (saraf kranial II) dan hemisfer otak. Perkembangan semua daerah korteks serebri terus berlanjut sepanjang masa kehidupan janin dan masa kanak-kanak. Sistem olfaktorius dan thalamus juga berkembang dari otak depan. Saraf kranial III dan IV (occulomotorius dan trochlearis) terbentuk dari otak tengah. Otak belakang membentuk medula, spons, serebelum dan saraf kranial lain. Gelombang otak dapat dicatat melalui elektroensefalogram (EGG) pada minggu ke-8. ü Medula spinalis terbentuk dari ujung panjang tabung neural. Pada mudigah, korda spinalis berjalan sepanjang kolumna vertebralis, tetapi setelah itu korda spinalis tumbuh lebih lambat. Pada minggu ke-24, korda sinalis memanjang hanya sampai S1, saat lahir sampai L3 dan pada orang dewasa sampai L1. Mielinisasi korda spinalis mulai pada pertengahan gestasi dan berlanjut sepajang tahun pertama kehidupan. Fungsi sinaps sudah cukup berkembang pada minggu ke delapan sehingga terjadi fleksi leher dan badan. Struktur ektodermal lainnya, yaitu neural crest, berkembang menjadi sistem saraf perifer. 
Gambar 11. Pembagian Daerah Bumbung Neural
(View, 2012)
Sel neural crest yang terlepas dari tepi lateral lipatan neural, menghasilkan ganglion spinal dan ganglion sistem autonom serta sejumlah sel jenis lain. Mesoderm paraksial, yang paling dekat dengan notokord dan neural tube yang sedang berkembang, berdiferensiasi untuk membentuk pasangan blok jaringan atau somit. Somit pertama muncul pada hari ke-20. Terdapat sekitar 30 pasagan somit pada hari ke-30 yang meningkat menjadi total 44 pasangan. Somit berdiferensiasi menjadi sklerotom, miotom, dan dermatom yang masing-masing menghasilkan tulang rangka sumbu, otot rangka dan dermis kulit

Daftar Pustaka
Basic. 2003. Notochord and Neural Tube Formation. Online. [tersedia]: http://missinglink.ucsf.edu/lm/ids_101_embryology_basics/notochord_and_neural_tube_formation.htm (4 april 2013)
Canadian. 2010. Migrate Along Specific Pathway. Online. [tersedia]: http://thebrain.mcgill.ca/flash/i/i_09/i_09_cr/i_09_cr_dev/i_09_cr_dev.html (4 april 2013)
crimi. 2007. Nature Neuro Sciene. Online. [tersedia]: http://www.nature.com/neuro/journal/v5/n2/fig_tab/nn0202-87_F1.html (4 april 2013)
Dana. 2013. Building Blocks In The Brain. Online. [tersedia]: https://www.dana.org/news/brainhealth/detail.aspx?id=10050 (4 april 2013)
Davidson. 2009. Neural Tube Closure Requires Dishevelled-Dependent Convergent Extension Of The Midline. Online. [tersedia]: http://dev.biologists.org/content/129/24/5815/F1.expansion.html (4 april 2013)
Guelph. 2012. Neural Tube Development. [online[. Tersedia: http://www.uoguelph.ca/zoology/devobio/210labs/neuraldevel1.html ( 4 april 2013)
Inmha. 2004. Form Fertilization To Embryo. Online. [tersedia]: http://thebrain.mcgill.ca/flash/d/d_09/d_09_cr/d_09_cr_dev/d_09_cr_dev.html (4 april 2013)
Loolie. 2013. Development Of Neural Tube. Online. [tersedia]: http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Development_of_the_neural_tube.png. (4 april 2013)

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Autumn Falling Leaves

Blogger templates

About