Jumat, 05 April 2013

TIPE –TIPE TELUR

Posted by Devi Nur Silvia On 00.25 | No comments

Menurut Amin, berdasarkan distribusi yolk dalam sitoplasmanya telur dapat dibedakan menjadi beberapa tipe, diantaranya:
a.    Telur iso-homo/ oligolesital : jumlah yolk relatif sedikit dan tersebar merata di daerah sitoplasma telur. Contohnya telur Echinodermata, Amphioxus, dan Mamalia.
b.    Telur telolesital : jumlah yolk relatif banyak dan tersebar di sitoplasma pada daerah kutub vegetatif.
c.    Telur megalesital/telolesital ekstrem : jumlah yolk sangat banyak sehingga inti dengan sedikit sitoplasma terdesak ke permukaan telur. Telur tipe ini berukuran besar contohnya telur Aves, dan Reptil.
d.   Telur sentrolesital : yolk terhimpun pada bagian dalam dari telur dan sitoplasma terdapat sebagai selaput tipis pada permukaan telur dengan pulau-pulau sitoplasma di pusat telur. Contoh tipe telur ini yaitu telur Arthropoda.

Beberapa dokumentasi pribadi model tipe telur secara berurutan :


Gambar Tipe-tipe telur.
(Dokumentasi pribadi)
 
Adapun tipe telur tersebut dapat di uraikan sebagai berikut :
                  a. Telur sentrolesital




Dokumentasi pribadi
 
 

Telur ini termasuk tipe telur centrolesital. Dimana yolk terhimpun pada bagian dalam dari telur dan sitoplasma terdapat sebagai selaput tipis pada permukaan telur dengan pulau-pulau sitoplasma di pusat telur. Contoh telur tipe ini adalah telur Arthropoda.

    
  b.  Telur Isolesital

                                           Dokumentasi pribadi

Gambar telur diatas termasuk tipe telur isolesital. Dimana  jumlah yolk relatif tersebar merata di daerah sitoplasma telur. Contoh telur tipe ini adalah telur Echinodermata, Amphioxus, dan telur Mamalia.

c. Telur Megalesital


 Dokumentasi pribadi

Berdasarkan hasil pengamatan, telur diatas termasuk tipe telur megalesital. Sangat terlihat dimana jumlah yolk sangat banyak sehingga inti dengan sedikit sitoplasma terdesak ke permukaan telur. Sehingga inti sel sangat berdekatan dengan membran sel. Telur tipe ini berukuran besar, contoh telur dengan tipe ini adalah telur Aves dan telur Reptil.

        d.  Telur telolesital



 Dokumentasi pribadi 


Tipe telur telolesital hampir sama dengan telur tipe megalesital. Telur ini memiliki jumlah yolk yang sangat banyak, sehingga inti sel dari  telur ini pun hampir terdesak keluar sitoplasma. Namun, letak inti sel tidak ekstrim seperti letak telur megalesital. Inti sel pada telur tipe ini tidak terlalu dekat dengan membran sel.

Sumber:

Yatim, Wilyan. (1994). Reproduksi dan Embriogenesis. Bandung: Tarsito.
Chartbet. (2013). Embriogenesis Pembelahan. [Online]. Tersedia:http://www.news-medical.net/health/Embryogenesis-Cleavage-%28Indonesian%29.aspx. .[19Maret 2013].








0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Autumn Falling Leaves

Blogger templates

About